Kamis, 15 Maret 2012

Buku-buku lama

Halo! sudah lama gak bener-bener nulis di sini. Sebetulnya aku juga bingung mau nulis apa. Oh ya, tadi aku ngeberesin buku jaman SMP, buku tulis, buku paket, lks sekalian modul persiapan UN + PSB kelas 9. Dari kelas 7 lho, semuanya masih ada. Bahkan tadi aku lihat bukunya nyampur sama buku sd, kelas 6. Iya, gatau kenapa ya aku gak pernah ngebuang buku-buku itu ._.

Dan yang paling seru dari ngeberesin buku-buku lama adalah, ngebuka ulang setiap lembaran buku-buku itu. Berasa flash back tau, kayak mbaca ulang lembar-lembar kenangan di kepala *asik* Banyak yang berubah, terutama tulisanku (iya, sekarang tambah gak bisa dibaca), terus random doodles yang bisa aku pastiin setiap buku gak ada yang gak ada doodlenya, cara gambarku udah berubah -banyak banget- apa lagi kalo dibandingin sama doodle kelas 6 sd. Lucu sendiri liat gambar-gambar lama, gabarnya aneh-aneh pula! Di tengah-tengah catetan biologi ada gambar sushi -_-a, ada gambar macem-macem burung, , gambar makanan. Terus di bagian catetan fisika kelas 7 aku nemu komik pendek yang ceritanya cewek yang nemuin pacarnya selingkuh *sumpah absurd* Entahlah ya saat itu aku mikir apa gambar kayak gitu.
Terus ngeliat catetan pelajaran itu sendiri, hahaha, inget aku guru-guru lamaku yang sibuk nerangin itu. Ngeliat catetan mtk kelas 7 yang aljabar, dulu rasanya susaaah banget ya. Sekarang sih mending aku ngerjain soal aljabar kemana-mana deh dari pada trigonometri. Terus ngeliat catetan fisika -my fav- hahaha, aku seneng banget wes sama catetan fisikaku ini. Ngeliat catetan ekonomi pajak-pajak itu. Liat catetan geografiku yang isinya melajari 5 benua, inget gimana aku frustasi ngafalin nama sungai yang mengalir di amerika, gunung tertinggi di eropa bah blah blah itu.

Tapi yang paling asik ya ngelihat tulisan curcol-galau-frustasi dong. Kalau buku kelas 7, isinya kebanyakan -ah entahlah- pokok absurd, jaman alay. Kelas 8, kebanyakan lirik lagu galau - curcol. Kelas 9 coret-coret frustasi ujian sama curcol juga. Ada juga main ramal-ramalan nilai UN English (Anyway, beneran loh sesuai yang aku tulis -_-) Tiap liat tulisan-tulisan di buku lama, jadi inget lah waktu yang dulu-dulu itu. Gak cuma coret-coretanku aja, ada coret-coretannya anak-anak juga, jaman-jaman alay pula, hahaha. Ada curcol-nya alda di binder lamaku .Ada surat-suratan gak penting juga sama shifa dulu biar gak rame waktu guru nerangin. Jadi kangen temen lama.
Tapi ya itu, kamarku gak akan terus muat buat nyimpen buku-buku itu. Aku juga butuh ruang untuk buku baru, atau apapun lah, sesuatu yang bisa aku letakkan di tempat aku nyimpen buku itu. Aku cuma bisa milah-milah mana buku-buku yang sekiranya masih berguna dan kemungkinan besar aku butuhin sewaktu-waktu. Atau milih mana buku yanf bisa berguna buat adikku. Yang lainnya? terpaksa aku masukin kerdus, masuk gudang. Some of them, kertas-kertas coretan belajar, foto copy-an, modul soal kelas 9 malah disuruh dibuang sama mama. Sedih lo aku mau masukin buku-buku itu ke gudang, banyak kenangannya! Tapi aku ngeliat buku-buku baruku kelas 10 ini, disitu juga banyak coret-coretannya, banyak gambarnya juga, ada coret-coretannya irsa juga disitu, aku inget suatu saat nanti buku-buku kelas X-ku ini bakal bernasib sama kayak buku SMP-ku. And I think I should write and draw something nice at those notebooks.

Yaah sama kayak memori-memori lama ya. Pada akhirnya kita harus milah-milah juga mana yang sebaiknya tetap dikenang dan tidak dikenang atau mungkin dilupakan. Ingatan yang seharusnya masuk kedalam kotak kecil di otak kita, ditutup dan diberi label 'masa lalu'. Mana memori kita yang pantas dibagi dan berguna bagi orang lain. Mana memori yang perlu kita ingat terus sebagai pelajaran, sebagai sesuatu yang berguna buat diri kita sendiri dan jadi tolak ukur perkembangan diri kita. Kita juga harus ingat otak kita butuh ruang untuk kenangan-kenangan baru, kalau bisa yang bagus yang menyenangkan menggeser memori lama yang terkadang udah terlalu lama kita pikirkan. Aduh bahasaku, hahaha.
Jadi inti post ini adalah... jangan lupa untuk mencoret-coret dan men-doodle buku catatan anda! Muhahaha! Yah biar multifungsi gitu kan selain jadi tempat menorehkan ilmu yang kita dapat di sekolah jadi tempat curcol atau tempat mencurahkan kreativitas. Gak nyesel kok *paling nyeselnya waktu ngeliat buku catetan abis lebih cepat soalnya lembar belakangnya udah dipake gambar terus harus beli catetan baru*
Ya udah ya, masih mau ngerangkum kimiaa, aduh libur gini pr banyak amat. See ya!

2 komentar: